20 Okt 2013

Provinsi Jawa Barat

Menurut sejarah (staatblad no:378) Jawa Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang paling pertama di bentuk. Provinsi Jawa Barat dibentuk berdasarkan UU No.11 Tahun 1950, tentang Pembentukan Provinsi Jawa Barat. Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.

Di bagian barat laut provinsi Jawa Barat berbatasan langsung dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta, ibu kota negara Indonesia sedangkan Ibu kota provinsi Jawa Barat adalah Bandung.Pada tahun 2000, Provinsi Jawa Barat dimekarkan dengan berdirinya Provinsi Banten, yang berada di bagian barat. Saat ini terdapat wacana untuk mengubah nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Pasundan, dengan memperhatikan aspek historis wilayah ini.
Namun hal ini mendapatkan penentangan dari wilayah Jawa Barat lainnya seperti Cirebon dimana tokoh masyarakat asal Cirebon menyatakan bahwa jika nama Jawa Barat diganti dengan nama Pasundan seperti yang berusaha digulirkan oleh Bapak Soeria Kartalegawa tahun 1947 di Bandung maka Cirebon akan segera memisahkan diri dari Jawa Barat, karena nama "Pasundan" berarti (Tanah Sunda) dinilai tidak merepresentasikan keberagaman Jawa Barat yang sejak dahulu telah dihuni juga oleh Suku Betawi dan Suku Cirebon serta telah dikuatkan dengan keberadaan Peraturan Daerah (Perda) Jawa Barat No. 5 Tahun 2003 yang mengakui adanya tiga suku asli di Jawa Barat yaitu Suku Betawi yang berbahasa Melayu dialek Betawi, Suku Sunda yang berbahasa Sunda dan Suku Cirebon yang berbahasa Bahasa Cirebon (dengan keberagaman dialeknya).


Provinsi Jawa Barat terdiri dari 17 kabupaten dan 9 kota.
Berikut ini nama nama kota dan provinsi yang ada di Jawa Barat:

1   Kabupaten Bandung  2   Kabupaten Bekasi 3   Kabupaten Ciamis 4   Kabupaten Bogor 5   Kabupaten Cirebon 6   Kabupaten Garut 7   Kabupaten Indramayu 8  Kabupaten Kuningan 9   Kabupaten Majalengka 10 Kabupaten Karawang 11 Kabupaten Pangandaran 12 Kabupaten Purwakarta 13 Kabupaten Subang 14 Kabupaten Sukabumi 15 Kabupaten Sumedang 16 Kabupaten Tasikmalaya 17 Kota Bandung 18 Kota Banjar 19 Kota Bekasi 20 Kota Cimahi 21 Kota Bogor 22 Kota Depok 23 Kota Sukabumi 24 Kota Tasik 25 Kota Cirebon.
Kota kota besar yang ada di Jawa Barat ini mempunyai kisah kisah atau sejarah yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya.Salah satu kota yang paling terkenal dengan sejarahnya adalah Kota Cirebon. Berikut ini ringkasan sejarah tentang kota Cirebon:
Baca selengkapnya.....
Pada tahun 2000 tepatnya tgl 17 oktober terbentuk Provinsi baru yang merupakan pemekaran wilayah pemerintahan setempat yaitu Provinsi Banten. Banten ini sebetulnya masuk dalam pemerintahan provinsi Jawa Barat,namun di tahun 2000 terjadi pergolakan politik yang akhirnya terpecah dan berdiri sendiri menjadi provinsi Banten.Sejarah tentang banten tidak terlepas dari peradaban Cirebon,untuk lebih memahami sejarah tentang Banten silahkan baca di artikel berikutnya yang berjudul Sejarah Banten
Demikian sedikit uraian tentang Jawa Barat,untuk sejarah tentang kota kota besarnya silahkan di tunggu post berikutnya.
Terimakasih atas kunjungannya mudah mudahan bermanfa'at....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar